Tokopedia Memaparkan Tren Belanja Online Produk Kecantikan dan Perawatan Diri Hingga 2023

by -140 Views
Tokopedia Memaparkan Tren Belanja Online Produk Kecantikan dan Perawatan Diri Hingga 2023

Industri kecantikan di Indonesia terus berkembang pesat. Tokopedia merangkum tren belanja online produk kecantikan dan perawatan diri sepanjang tahun 2023. Menurut Kementerian Perindustrian, kontribusi industri kosmetik terhadap PDB pada kuartal III tahun 2023 mencapai 3,83%.

Data dari Tokopedia juga mencatat bahwa kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh adalah salah satu kategori produk yang paling laris dibeli masyarakat lewat Tokopedia sepanjang 2023. Produk kecantikan yang paling laris di Tokopedia antara lain bedak wajah, produk styling rambut, lipstik, lip cream, dan eyeliner. Sedangkan produk perawatan diri yang laris di Tokopedia adalah cleanser wajah, serum wajah, krim wajah, parfum, dan sunscreen wajah.

Tren ini membuktikan bahwa masyarakat semakin peduli dengan kesehatan kulit dan wajah, terutama setelah pandemi. Selain itu, Tokopedia juga melihat kenaikan jumlah penjual di kategori Kecantikan dan Perawatan Diri di beberapa daerah di Indonesia sepanjang tahun 2023, seperti Pesisir Selatan, Bima, Sampang, Rokan Hulu, dan Ambon.

Tokopedia pun konsisten dalam mendukung pertumbuhan brand lokal kecantikan dan perawatan diri. Melalui kampanye Tokopedia Beauty, Tokopedia memberikan panggung khusus bagi pelaku usaha di industri kecantikan dan perawatan diri, termasuk brand lokal. Kampanye tersebut mendapatkan respons positif dari masyarakat, dengan jumlah transaksi meningkat hampir 5 kali lipat pada bulan September 2023.

Di penghujung 2023, Tokopedia bersama TikTok juga meluncurkan kampanye Beli Lokal bertepatan dengan Hari Belanja Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember 2023. Kampanye tersebut bertujuan untuk mempermudah masyarakat belanja online produk brand lokal, termasuk produk kecantikan dan perawatan diri. Dampaknya terlihat dengan kenaikan transaksi brand lokal hampir 19 kali lipat pada momen Harbolnas 12.12 2023.

Melalui berbagai inisiatif dan kampanye, Tokopedia berhasil mendukung pertumbuhan industri kecantikan lokal dan memberikan peluang bisnis yang lebih luas bagi pelaku usaha kecantikan di Indonesia.