Online24, Maros, – Joko Widodo (Jokowi) mendorong para pengusaha khususnya di bidang kuliner untuk membuat kemasan atau paket yang menarik.
Hal ini untuk meningkatkan daya tarik pada produk yang dijual.
Bahkan, jika kemasan bisa menarik, produk bisa masuk ke ritel modern.
Demikian yang disampaikan Jokowi saat bersilaturahmi dengan ribuan perwakilan nasabah Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan PNM di Lapangan Pallantikang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (22/2/2024).
Dalam kesempatan itu, Mantan Wali kota itu juga mereview tiga produk makanan yang dibawa nasabah.
Yang pertama adalah ayam goreng. Ia menyebutkan dalam segi harga, produk ini sudah cukup kompetitif dibandingkan merek ayam goreng cukup terkenal.
Hanya saja kemasan yang digunakan tak cukup menjual.
“Keemasannya baik, tapi belum ada branding mereknya, harganya sangat kompetitif kal…
Padahal untuk isinya lebih bervariasi, ada mie dan juga tempe dalam satu penyajian.
“Dan ini isinya bukan ayam saja, ada mie, tempe, artinya memiliki kompetitif dan daya saing yang baik tapi harus diberi merk yang baik seperti ini mama muda,” ujarnya.
Kemudian, Jokowi juga melakukan peninjauan keripik bawang Jirah.
Produk ini, dinilai lebih menarik dari segi kemasan.
“Ada keripik bawang putih yang saya senang bukan keripiknya, tapi kemasan atau packagingnya, disitu ada namanya kemasan yang sangat bagus, Jirah,” ujarnya.
Pujian yang sama juga dilontarkan untuk kemasan kerupuk rajungan mama muda.
“Jika produk-produk di Sulawesi Selatan diberikan kemasan seperti ini, lakunya mudah, gampang dijual ke supermarket,” terangnya.
Diketahui, dalam kegiatan tersebut, Jokowi didampingi Menteri BUMN, Erick Thohir dan PUPR Basuki dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin dan Bupati Maros, Chaidir Syam dan Direktur Utama PNM Mekaar.
Total 5.000 nasabah yang didominasi kaum emak-emak menghadiri kegiatan tersebut.
Sejumlah nasabah juga membawa produk mereka untuk ditunjukkan langsung kepada orang nomor 1 di Indonesia tersebut. (*)